Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan Desa di Desa Kampung Baru, Kabupaten Labuhan Batu
17 November 2021 15:33
Berita Aktual

Pada Hari Selasa, tanggal 26 Oktober 2021 Tim dari BBPOM di Medan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Kampung Baru, Kabupaten Labuhan Batu dalam rangka intervensi dalam Program Desa Pangan Aman. Desa Kampung Baru mendapat intervensi Program GKPD yang mempunyai Tim Keamanan Pangan Desa dan Kader Keamanan Pangan Desa yang aktif, mempunyai potensi pangan lokal yang bisa menjadi ciri khas dan dapat berkontribusi pada aspek pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan.

Pada Tahap Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan dalam rangka Gerakan Keamanan Pangan Desa dilakukan sampling pangan dibeberapa komunitas desa antara lain Pelaku Usaha Pangan Siap Saji, Ritel dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, dan selanjutnya dilakukan pengujian terhadap sampel yang diduga menggunakan bahan berbahaya (Boraks, Formalin, Methanyl Yellow dan Rhodamin B) menggunakan Rapid Test kit.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menggugah komunitas Desa Kampung Baru, Kabupaten Labuhan Batu untuk menerapkan prinsip keamanan pangan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan dan Budaya kehidupan sehari hari.

Balai Besar POM di Medan